Minggu, 03 Juni 2012

Tausiah singkat



Assalamu’alaikum Wr Wb.
Bismillahirrohmaanirrohim.

“Maka ingatlah kepadaKu (Alloh) Maka Aku akan ingat kepada mu (aku akan limpahkan rahmat dan ampunan kepadamu),dan bersyukurlah kamu atas nikmatKu dan janganlah kamu ingkar kepadaKu” (Albaqarah :152)

Alhamdulillah, segala nikmat dari Alloh yang maha Luhur dan Maha Agung, yang sangat berlimpah kepada makhlukNya,sebagai manusia ciptaan Alloh,kita harus selalu bersyukur dengan semua keadaan yang kita hadapi,baik itu dalam keadaan senang,keadaan bahagia,dan bagi saudaraku yang sedang dalam keadaan bermasalah jangan bersedih,tetap saja bersyukur kepada Alloh ,mungkin bisa jadi Alloh menegur hambanya  yang sedang bermasalah agar hambanya bisa sadar siapa TuhanNya selama ini yang memberi ia nikmat,harta,kedudukan,jabatan atau apa saja.

untuk saudaraku yang sedang terbaring dirumah sakit,cobalah bersyukur karena dengan kita Sakit kita justru bisa lebih merasakan nikmat Alloh yang diberikan kepada kita..kok bisa orang sakit merasakan nikmat Alloh dengan enak..padahal bangun aja sulit,makan apa aja terasa pahit,,alias tidak nafsu.. apanya yang nikmat ?.mau tau kenapa bisa orang sakit terasa nikmat..? karena sewaktu sakit Alloh mengambil dosanya untuk diampuni.Rosullulloh s.a.w bersabda “ sakit panas sehari dan semalam itu menjadi penebus dosa setahun”.Alloh selalu sayang kepada hambaNya setiap saat,bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah membalas kasih sayangNya..?.

Allohumma sholli wasalim a’la sayidina Muhammad wa ‘ala aalihi.
Kita tidak akan bisa menghitung berapa jumlah nikmat Alloh yang telah diberikan.bersyukur memiliki mata yang berfungsi dengan baik,bisa melihat yang baik-baik,bisa melihat yang manis dan cantik..INGAT bahwa mata ini sdh diberi nikmat jangan salah dipergunakan jangan digunakan untuk maksiat kepada Alloh,pergunakan dengan sebaiknya,melihat untuk mendapatkan pahala dengan ibadah kepada Alloh itu cara bersyukur atas nikmat ALLOH..Saudaraku diluar sana banyak orang yang ingin melihat dunia namun tidak bisa karena takdir ALLOH.namun mereka tetap bisa beribadah dengan baik kepada Alloh.mereka bisa membaca Alquran dengan tangannya.bagaimana dengan kita yang sehat berfungsi dengan baik dua mata kita ini…? Saudaraku sudahkah mata ini dipergunakan untuk membaca KitabNya..sudahkah mata ini menjaga pandangan dari maksiat..? saudaraku yg kucintai.Alloh selalu menyayangi hambaNya setiap saat,bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah membalas kasih sayangNya..?.

“Maka ingatlah kepadaKu (Alloh) Maka Aku akan ingat kepada mu (aku akan limpahkan rahmat dan ampunan kepadamu),dan bersyukurlah kamu atas nikmatKu dan janganlah kamu ingkar kepadaKu” (Albaqarah :152)

“ Dan ingatlah ketika tuhanmu memaklumkan “ sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku akan menambah (nikmat) kepadamu , tetapi jika kamu mengingkari nikmat-Ku sungguh maka pasti adzab-Ku sangat berat.” (Ibrahim :7).
Sekecil apapun yang kita miliki,seberapa banyak apapun yang kita peroleh harus kita syukuri,Alloh akan menambahnya,itu janji Alloh.mudah-mudahan kita menjadi golongan yang bersyukur kepadaMu ya robb..amin.

Alkisah terdapat tiga orang bani israil yang punya penyakit belang,botak dan buta.Saat itu Alloh menguji mereka bertiga dengan mengutus malaikat kepada mereka.

Malaikat datang dan bertanya kepada si belang “ apa yg paling kamu damabakan ? “ si belang jawab “ saya mendambakan wajah yang tampan dengan kulit yg bagus serta hilang penyakit yg membuat orang jijik kepadaku”. Malaikatpun mengusap si belang, jadilah si belang berparas tampan.lalu malaikat bertanya “ harta apa yg kau senangi?”.si belang menjawab “ unta”.jadilah sibelang punya unta yang gemuk yang bunting.lalu malaikat berkata “ semoga Alloh memberkahi apa yg kamu dapat”.

Kemudian malaikat datang dan bertanya si botak.” Apa yg paling kamu dambakan?”.”aku mendambakan rambut yg bagus dan hilang penyakit yg buat orang jijik kepadaku.”jawab si botak”. Lalu malaikat mengusap kepalanya hingga hilang penyakitnya serta deberi rambut yg bagus.Malaikat bertanya lagi “ harta apa yg kamu senangi ?”. si botak jawab “ sapi”.kemudian ia diberi sapi yg bunting.dan malaikat berkata lagi “ semoga Alloh memberkahi apa yg kamu dapat”.

Kemudian malaikat datang kepada si buta dan bertanya “ apa yg kamu dambakan?” si buta jawab “ aku mendambakan agar Alloh mengembalikan penglihatanku sehingga aku dapat melihat.malaikat mengusap si buta, dan Alloh mengembalikan penglihatanya.malaikat bertanya lagi “ harta apa yang kamu senangi “ si buta jawab “ kambing”.kemudian ia diberi kambing yang bunting.

Selang beberapa waktu,unta,sapi dan kambiing berkembang biak hingga memenuhi suatu lembah.kemudian malaikat datang kepada sibelang dengan menyerupai orang berpenyakit belang seperti keadaan si belang swaktu dulu, dan berkata” saya orang miskin kehabisan bekal di tengah perjalanan.sampai hari ini tidak ada yg mau member pertolongan kecuali Alloh kemudian engkau.saya meminta kepadamu dgn menyebut Dzat yg telah member engkau paras yg tampan dan kulit yang bagus serta harta kekayaan.seekor unta untuk bekal perjalanan saya.si belang berkata “hak-hak yg harus saya berikan masih banyak. 

Malaikat itu berkata “ kalau tidak salah saya sudah mengenalimu.bukankah kamu dahulu orang yg belang hingga orang jijik kepadamu ? bukankah kamu dulu orang yg miskin kemudian Alloh member kekayaan kepadamu? Si belang berkata “ harta kekayaanku ini adalah warisan dari nenek moyangku.malaikat berkata “ jika kamu dusta, semoga Alloh mengembalikan seperti keadaanmu semula.

kemudian malaikat datang kepada si botak dengan menyerupai orang yg botak waktu itu dan berkata kepadanya seperti yg dikatakan si belang.sibotak menjawab seperti si belang tadi.kemudian malaikat tadi berkata jika kamu dusta,semoga Alloh mengembalikanmu seperti keadaan semula.

Kemudian malaikat tadi mendatangi si buta dengan menyerupai orang buta seperti keadaan si buta waktu itu dan bertanya “ saya adalah orang miskin yang kehabisan bekal di tengah jalan.sampai hari ini tidak ada yg mau member pertolongan kecuali Alloh,kemudian engkau.saya meminta kepadamu dg menyebut Dzat yg telah memgembalikan penglihatanmu, seekor kambing untuk bekal dalam perjalanan saya.

Si buta berkata “ saya dahulu orang yg buta kemudian Alloh mengembalikan penglihatan saya.maka ambillah apa yg kamu inginkan dan tinggalkanlah apa yg tidak kamu senangi. Demi Alloh saya tidak akan memberatkan sesuatu kepadamu yang kamu ambil karena Alloh yg maha Mulia.Malaikat berkata itu berkata “ peliharalah harta kekayaanmu,sebenarnya kamu diuji dan Alloh telah ridho kepadamu dan murka kepada kedua temanmu ( si belang dan si botak).
(HR. Al Bukhori dan Muslim / Riyadhus sholihin Al imam an Nawawi )

Ya Robb ya Alloh yang maha menguasai hati manusia.jangan jadikan hati ini kecuali untuk bisa khusyu mengingatMu,Takut akan adzabMu,Jadikan hati ini bisa memimpin jasad yang sempurna ini untuk bisa bersyukur akan semua nikmatMu.hamba panjatkan syukur atas nikmat dikehidupan ini kepadaMu ya Alloh.
Ya Alloh..Ya Alloh..Ya Alloh..ya Alloh..ya Alloh..sekiranya hamba ingkar atas nikmatMu ampunilah hamba,sungguh hamba telah dzolim atas diri ini mengingkari nikmatMu..ampunilah hamba..amin.

Benar itu datangnya dari Allah s.w.t, jika salah itu dari saya. mohon maaf yang seluasnya.
Wassalamu’alaikum Wr wb.
Elfaqier

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar